Latest Movie :
Home » , » Latihan-Latihan Yang Meningkatkan Kesehatan Mental

Latihan-Latihan Yang Meningkatkan Kesehatan Mental

{[['']]}
5 Latihan ini tingkatkan kesehatan mental http://www.opoae.com/2013/03/latihan-latihan-yang-meningkatkan.html
Opoae ~ Tak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental pun perlu dijaga. Menurut penelitian, beberapa kegiatan fisik dan latihan mental mampu meredakan kecemasan dan depresi. Ini dia beberapa jenis latihan untuk otak Anda, seperti dilansir oleh Times of India (10/11).

1. Permainan puzzle
Apakah Anda tahu bahwa otak manusia terus tumbuh setiap harinya? Bahkan ketika tua, penelitian menunjukkan bahwa otak bisa menumbuhkan saraf dan sel otak untuk menghubungkan bagian-bagian otak. Merangsang pertumbuhan otak dengan melakukan Sudoku atau permainan puzzle membantu meningkatkan fungsi otak dan mencegah bentuk-bentuk penurunan kognitif. Permainan ini juga membantu Anda meningkatkan fungsi otak kiri yang berkaitan dengan logika, fakta, dan detail.

2. Permainan strategi
Permainan strategi seperti permainan kartu dan lainnya bisa menjadi rangsangan yang hebat untuk otak. Permainan ini mampu membuat seseorang berpikir logis dan cukup menantang kemampuan kognitif seseorang. Meski begitu sebaiknya hindari memainkan satu game dalam waktu yang sama setiap hari. Pilihlah game yang terus mengasah otak Anda. Ketika sudah menguasai sebuah game sebaiknya Anda mencari game lainnya.

3. Latihan kardiovaskular
Cara efektif untuk meningkatkan kesehatan mental adalah dengan melakukan olahraga kardio. Selain meningkatkan kesehatan mental latihan ini juga mencegah matinya sel otak ketika tubuh menua. Latihan kardio juga cocok untuk mencegah penyakit penurunan daya ingat pada masa tua seperti penyakit Alzheimer.

4. Latihan neurobic
Latihan ini dilakukan untuk merangsang otak dan meningkatkan fleksibilitasnya. Caranya adalah dengan menggunakan hanya satu indera Anda pada satu waktu. Misalkan menutup mata ketika mandi dan merasakan air degan indera peraba Anda. Makan hanya dengan menggunakan indera penglihatan, dan lainnya.

5. Teknik relaksasi

Keuntungan teknik relaksasi adalah untuk menurunkan kadar stres. Salah satunya adalah dengan teknik pernapasan, meditasi, visualisasi, olahraga ritme, dan melakukan yoga. Semua olahraga ini mampu menurunkan stres dan membuat mental Anda kembali segar.

Itulah lima latihan yang bagus untuk otak dan membantu meningkatkan kesehatan mental Anda. Selamat mencoba!

Baca Juga: 


Sumber: http://www.merdeka.com/sehat/5-latihan-ini-tingkatkan-kesehatan-mental.html
Share this article :
 
Copyright © 2011. Info Didunia - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger