Latest Movie :
Home » , » Ilmuwan China Temukan Material Paling RIngan Di Dunia

Ilmuwan China Temukan Material Paling RIngan Di Dunia

{[['']]}
material-teringan-di-dunia-telah-ditemukan
Opoae ~ Tim ilmuwan di China baru saja menemukan sebuah material paling ringan di dunia. Saking ringannya, bahan berupa spons itu tidak jatuh diletakkan di atas kelopak bunga yang berdiri.

Tim dari Zhejiang university di Hangzhou baru saja memamerkan ke publik material bernama graphene aerogel. Material yang seperti spons itu terbuat dari karbon beku kering dan oksida graphene. Untuk membuktikan beratnya yang super ringan, bahan tersebut mampu berdiri di atas bunga dandelion tanpa menghancurkan benih-benih halusnya yang kecil.

Material ini diklaim seribu kali lebih tipis dari rambut manusia karena terdiri dari 99,99 persen udara. Sehingga benda itu juga 100 kali lebih ringan dari styrofoam. Saking kecilnya, Anda harus menyusun 3 juta lembar graphene untuk mendapatkan tumpukan setinggi 3 mm.

Uniknya, meski sangat ringan dan hampir transparan namun graphene aerogel ini juga kuat. Strukturnya yang hanya seberat 0,77 mg mampu untuk menahan beban sebesar kucing dewasa dengan berat badan 4 kg. Selain itu juga sangat fleksibel dan dapat ditarik hingga 20 persen tanpa terjadi kerusakan apapun.

Baru-baru ini baru diketahui bahwa graphene aerogel juga merupakan penghantar panas yang lebih baik daripada tembaga. Selain itu juga mampu menahan semua cairan dan gas, kecuali air, yang berpotensi untuk digali lagi aplikasinya. Pemanfaatan material ini untuk berbagai bidang masih akan diselidiki lagi. (ang)

Baca Juga:  
Sumber: http://berita8.com/berita/2013/03/material-teringan-di-dunia-telah-ditemukan
Share this article :
 
Copyright © 2011. Info Didunia - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger