Latest Movie :
Home » , » Indahnya Sawah di Jepang Yang Dihiasi Lampu LED

Indahnya Sawah di Jepang Yang Dihiasi Lampu LED

{[['']]}
Wow! Sawah di Jepang Dihiasi 20.000 Lampu LED
Opoae ~ Teknologi light-emitting diode (LED) ternyata tak hanya ada dalam industri digital ataupun industri lainnya, namun juga sudah merambah ke dunia seni. Contohnya ada pada area sawah di Jepang ini.

Jika sawah identik dengan warna hijau dan kuning, tidak dengan sawah di Shiroyone Senmaida, Jepang ini. Area persawahan tersebut memiliki warna yang unik di malam hari karena diterangi oleh 20 ribu lampu LED yang ditenagai oleh energi matahari. 

Dilansir Dailymail, area persa­wahan ini berada di Semenanjung Noto, yang kaya akan keberagaman dengan iklim yang relatif hangat. Area ini pun terletak di atas lereng curam dengan latar belakang Laut Jepang.
Wow! Sawah di Jepang Dihiasi 20.000 Lampu LED

Area persawahan yang memben­tang seperti mosaik ini memiliki luas sekitar 12 ribu meter persegi dengan 2.000 saluran irigasi yang memasok air untuk pertanian. Image persawahan yang gelap dan menakutkan pada malam hari, kini berubah menjadi tempat yang indah dan romantis dengan kehadiran rangkaian lampu LED berwarna merah muda.

Karena keunikannya ini, areal persawahan tersebut tercatat di Guinness Book of Record sebagai warisan pertanian penting dunia atau GIAHS (Globally Important Agricultural Heritage Systems) pada tahun 2011 lalu.

iPad Pengendali Sistem

Teknologi benar-benar sudah merambah dunia. Ternyata iPad juga dapat berfungsi sebagai alat pengendali sistem penerangan kota. Inilah yang akan segera diterapkan di London, Inggris.

Setelah melalui rangkaian uji coba di awal tahun ini, Dewan Kota London akhirnya memutuskan segera mengganti 14.000 lampu jalan dengan teknologi alternatif yang dapat dikontrol dengan iPad. Tak hanya pintar, teknologi ini juga menghemat ratusan ribu pound­sterling per tahun.

Menurut laporan West London Today, nantinya para teknisi akan dapat mengubah tingkat kecerahan lampu melalui aplikasi iPad. Sistem monitoring elektronik akan mem­berikan peringatan otomatis jika lampu membutuhkan perawatan atau perbaikan.
Wow! Sawah di Jepang Dihiasi 20.000 Lampu LED

Dewan Kota London akan me­masang lampu-lampu itu untuk jangka waktu empat tahun ke depan sebagai bagian dari investasi sebesar 3,25 juta poundsterling atau sekitar Rp50 miliar.

Dengan investasi ini maka Dewan Kota akan bisa mengem­balikan investasinya dalam tujuh tahun dan akan menghemat biaya 420 ribu Poundsterling atau sekitar Rp6,5 miliar per tahun mulai tahun 2015/2016.
Wow! Sawah di Jepang Dihiasi 20.000 Lampu LED

“Sistem penerangan baru ini akan memberikan cahaya kepada warga kota sesuai yang mereka butuhkan dan terus berfungsi dengan aman di kota selama 24 jam. Sistem baru ini juga akan mengu­rangi tagihan energi hingga mende­kati satu juta poundsterling setiap dua tahun. Ini adalah sebuah peng­hematan yang besar,” ujar Ed Argar, anggota Dewan Kota London

Baca Juga:  
Sumber: http://www.ceritaciijail.com/2013/04/sawah-di-jepang-dihiasi-20ribu-lampu-LED.html#ixzz2Q9GWQun1
Share this article :
 
Copyright © 2011. Info Didunia - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger