Latest Movie :
Home » » Fungsi Batu Kerikil Yang Ada Pada Rel Kereta Api

Fungsi Batu Kerikil Yang Ada Pada Rel Kereta Api

{[['']]}
Opoae ~ Apakah sebenarnya kegunaan batu kerikil yang ada direl kereta api ?

Hampir di sepanjang rel kereta api biasanya terdapat batu kerikil. Fungsi batu kerikil pada rel kereta api adalah sebagai bantalan pemberat. Dengan adanya lapisan batu kerikil ini rel dapat tetap berdiri dengan stabil. Sehingga kereta api yang berjalan di atasnya pun dapat berjalan dengan baik.

Batu kerikil ini juga berfungsi untuk menyerap getaran ketika kereta api sedang melintas, sehingga getaran yang terjadi ketika kereta api melintas dapat dikurangi serta umur rel kereta api bisa bertahan lama.

Selain itu batu kerikil ini juga berfungsi untuk menahan tanah disekitar rel tidak terbawa aliran air di saat hujan. Fungsi ini berperan untuk mencegah terjadinya pengikisan tanah atau erosi pada tanah di sekitar rel kereta api.

Bukan hanya itu batu kerikil ini juga berfungsi untuk menghambat tumbuhnya rumput yang dapat menyebabkan tanah di sekitar rel menjadi gembur. Hal ini tentunya dapat membahayakan karena jika tanah di bawah rel tidak stabil maka akan dapat membahayakan perjalanan kereta api.

Kerikil ini tidak dibutuhkan seandainya dasar untuk meletakkan rel itu sudah keras, misalnya dibebatuan dan di aspal, karena kedudukannya memang sudah keras dan kemungkinan rel bergerak sangat kecil.

Baca Juga:  
Sumber: http://www.hanifanews.com/2013/03/tahukah-kamu-fungsi-kerikil-disekitar.html
Share this article :
 
Copyright © 2011. Info Didunia - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger